Sang Pendatang Baru dengan Inovasi Tinggi

OPPO N1, Smartphone pertama dengan teknologi kamera berputar
Barangkali tidak banyak penikmat gadget di Tanah Air yang mengenal merek ini sebelumnya, di tengah persaingan smartphone baik branded maupun lokal yang begitu ketat, ia tiba-tiba muncul ke permukaan, menyentak pasar tiba-tiba, tidak tanggung-tanggung, produk-produk yang diluncurkan ke pasaran dengan lantang mengusung spesifikasi gahar dan menyasar lini high end!

Sebuah Sejarah Baru

Nama OPPO mungkin baru dikenal di Indonesia, namun nyatanya perusahaan ini telah merambah pasar-pasar smartphone di Amerika, Eropa dan Asia sejak tahun 2008. Komitmen yang kuat untuk menjadi salah satu merek gadget berskala internasional dengan menghadirkan teknologi mumpuni tentu saja menjadikannya salah satu pabrikan yang layak untuk diapresiasi. Keberanian untuk bersaing dengan produsen ponsel pintar lain yang lebih dulu mengepakkan sayapnya di dunia juga menjadi nilai tambah tersendiri, sehingga tidak ada alasan untuk menganggapnya sebagai sekadar 'anak bawang' di kancah persaingan teknologi ponsel pintar yang demikian ketat. Bukan, tidak hanya sebagai pelengkap, OPPO pantas mencantumkan namanya di papan sejarah baru.

Apakah pernyataan itu sekadar isapan jempol dan angan-angan semata? Tentu tidak. Lihat saja, OPPO membuktikan komitmennya dengan meluncurkan smartphone OPPO Finder pada medio 2012. Diklaim sebagai smartphone tertipis di dunia pada saat itu, keunggulan-keunggulan lain kemudian datang silih berganti dengan peluncuran produk-produk prestisius berikutnya. Sebut saja OPPO Find 5 yang dikeluarkan pada penghujung 2012, mengusung layar 5inci dengan kerapatan 1080p dan kamera 13 megapiksel dengan sensor CMOS, didukung dengan perangkat keras HDR, ia disebut-sebut sebagai salah satu smartphone paling diantisipasi.

Kandidat Sang Juara Telah Lahir

Kita sedang berada di era smartphone. Bermacam-macam produk smartphone diciptakan dan di-update hanya dalam hitungan bulan. Bila hari ini kita membeli smartphone terbaru dengan teknologi teranyar, bisa dipastikan dua atau tiga bulan kemudian akan bermunculan produk-produk ter-update lainnya yang tidak kalah menggiurkan. Di satu sisi, update teknologi smartphone yang demikian pesat ini memang menggembirakan bagi pecinta gadget yang selalu melek mengikuti perkembangan teknologi terbaru, tapi di sisi lain, dari sudut pandang produsen smartphone itu sendiri, kelambanan dalam mengembangkan teknologi yang dimiliki akan membuatnya tersingkir dari arena persaingan. Inilah yang coba diantisipasi OPPO dengan inovasi-inovasi terkininya. Pada hari rabu, 16 oktober 2013, OPPO resmi meluncurkan 'sang anak emas' di Indonesia, OPPO N1! Setelah sebelumnya diedarkan secara resmi pula di negara asalnya, China. Kenapa saya sebut anak emas? Menguatkan apa yang telah saya katakan sebelumnya, hanya produsen yang memiliki inovasi tinggilah yang akan mampu bertahan dalam 'peperangan' teknologi ini, dan OPPO menjawab tantangan tersebut dengan lahirnya kandidat sang juara, OPPO N1!


Spesifikasi Superior Nan Inovatif

Apa yang membuat produk ini dapat ditasbihkan sebagai kandidat juara? Berikut beberapa fitur kunci yang menjadi senjata ampuh OPPO N1 yang tentu saja akan membuat Anda berdecak kagum.

Bodi Menawan

"Love at first sight." Tampaknya OPPO mengerti betul dengan istilah tersebut. Sehingga desain yang diciptakan untuk OPPO N1 memang memikat sejak pertama disentuh dan dilihat. Meski berbahan plastik, konstruksi bodi OPPO N1 tetap kokoh. Ditambah dengan frame atau rangka berbahan aluminium, perangkat ini semakin terlihat cantik. 



Layar Lapang 

Kita mulai dari layar 5,9 incinya. Tampilan kontras dan warna terbilang bagus, lantaran disokong oleh teknologi layar IPS beresolusi 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 377 piksel perinci. Dengan ukuran layar jumbo seperti ini, Anda tidak akan kecewa lagi dengan kebutuhan ponsel berlayar lapang. Dari sini, kita punya modal pertama untuk mebandingkannya dengan produk lain dengan ukuran layar yang sama atau bahkan jauh lebih 'kikir'. Bila Anda terpancing untuk mengikuti tren ponsel pintar berlayar jumbo, OPPO N1 sangat layak dimasukkan ke dalam daftar teratas dari perburuan smartphone Anda.



Dapur Pacu yang Beringas

Beralih ke komponen hardware, OPPO N1 ditanami prosesor quad-core Qualcomm Snapdragin 600 dengan kecepatan 1,7 GHz dan RAM 2 GB, serta GPU Andreno 320. Apa yang Anda butuhkan dari sebuah smartphone telah terpenuhi oleh gadget yang satu ini. Dengan dapur pacu segahar ini, masihkah Anda mengeluhkan performa smartphone yang jauh dari ekspektasi? Saya rasa tidak. Karena apapun bisa Anda lakukan dengan cepat; browsing, gaming, bahkan multitasking.



Inovasi yang Terutama

Inilah teknologi yang paling menonjol dari OPPO N1, membuatnya melangkah lebih maju dari para pesaingnya. Menghadirkan sesuatu yang sama sekali baru adalah magnet pemikat yang tak terbantahkan dari ponsel pintar ini. Adalah kamera 206 degree free angle pertama di dunia yang menjadi daya tarik utama dari produk ini. Dengan teknologi terbaru ini, kamera dapat diputar ke depan dan ke belakang sekaligus sehingga memudahkan Anda yang hobi mengambil gambar dari berbagai angle unik. Oh, Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan terjadi kerusakan dengan fitur pemutaran 206 derajat itu, karena sebelum dilempar ke pasaran, di sana telah dilakukan pengujian 100.000 kali pemutaran terhadap kameranya, dan hasilnya, baik-baik saja. Tidak cukup sampai di situ, OPPO N1 juga mengandalkan sensor 13 megapiksel dengan aperture sangat lebar di kameranya, yakni f/2.0 yang sangat berguna dalam pencahayaan minim. Ditambah lagi, lensanya tersusun dari 6 elemen, dan OPPO adalah ponsel pintar pertama yang mengusung teknologi ini.



Terakhir, inovasi lain dari ponsel pintar ini adalah panel belakang yang dipersenjatai dengan sejenis touchpad yang dinmakan O-touch. Touchpad ini dapat mengenali sentuhan dan gesture jari. Dengan fitur ini, Anda dapat mengoperasikan perangkat langsung melalui bagian belakang. Terkait teknologi ini, sebuah kalimat persuasif di internet bahkan menyebutkan, "Don't just touch the front, the back is also interesting". Menarik, bukan?



Ini hanya beberapa fitur kunci yang saya anggap paling inovatif dibanding pesaingnya. Dan yang pasti, sebagai smartphone pengusung OS Android, OPPO N1 telah dibekali dengan versi Android 4.2 jelly bean dengan kostumisasi UI dari OPPO sendiri yang dinamakan ColorOS. Oh, tentu saja Anda tidak harus risau memikirkan ketahanan daya ponsel pintar ini, karena di balik bodi cantiknya telah disematkan baterai berkapasitas 3.610 mAh, sehingga tidak ada lagi alasan untuk memalingkan mata dari produk menawan ini. 

  
Spesifikasi lengkapnya sebagai berikut:

Basic parameters
Color                                 White
Dimensions                     170.7 x 82.6 x 9 mm
Weight                              213 g
Operating System        Color, based on Android 4.2
Processor                         1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core
GPU                                    Adreno 320
RAM                                   2 GB
Storage                             16 / 32 GB
Sensors                             Distance sensor, Light sensor, G-sensor, 4D Gyroscope
Battery capacity           3610 mAh

Display
Size                                    5.9-inch
Resolution                      1080p Full HD (1920 x 1080 pixels), 377 PPI
Type                                  IPS
Colors                               16 million colors
Touchscreen                  Multi-touch, capacitive screen, Gorilla Glass 3, O-Touch, Slide up or down, left or right, tap, double tap and long press for different functionality

Camera
Sensor                               13-megapixel sensor with dedicated ISP
Flash                                  Dual-mode LED
Aperture                           f/2.0
Scene mode                     Normal, Panorama, High Speed, Rewind, Beautify, and Slow Shutter Connectivity

Frequencies
·           GSM: 850/900/1800/1900MHz
·           WCDMA: 850/900/1700/1900/2100MHz
Other
·           USB OTG
·           Bluetooth 4.0
·           5G Wi-Fi 802.11 ac
·           Wi-Fi Direct
·           Wi-Fi Display
·           GPS
·           NFC

Belum puas? Silakan tonton video ini


Akhirnya, timbul pertanyaan, apa alasan saya dan juga Anda ingin memiliki smartphone ini? Oh, ini adalah pertanyaan yang sama dengan, "Apa alasan kamu ingin memiliki rumah mewah dengan perabotan lengkap dari yang terkecil hingga mobil-mobil sporty dan perangkat-perangkat teknologi tercanggih?". Jawabannya tentu saja, "Semua kemewahan itulah yang membuat saya tertarik ingin mengantongi OPPO N1!





Komentar